Gerakan Senam Ibu Hamil yang Aman untuk Dilakukan

Gerakan Senam Ibu Hamil yang Aman untuk Dilakukan - Agar bisa tetap tenang saat menghadapi proses kelahiran, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil adalah dengan melakukan senam. Dimana proses kelahiran ini menjadi saat-saat yang paling mendebarkan sekaligus menegangkan bagi semua orang khususnya wanita. Untuk itu diperlukan persiapan yang matang supaya proses kelahiran bisa berlangsung lancar dan aman. Salah satu persiapannya adalah dengan rutin melakukan senam.
Pada postingan kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui bagaimana senam yang harus dilakukan oleh para ibu hamil untuk mempersiapkan dirinya dalam menghadapi proses persalinan. Apakah gerakan-gerakan senamnya sama dengan yang dilakukan orang normal? Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara melakuka senam hamil, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Berikut Ini adalah 4 Macam Gerakan Senam Ibu Hamil yang Aman untuk Dilakukan :

1. Duduk Bersila

Salah satu gerakan yang harus dilakukan saat senam hamil adalah duduk bersila. Anda bisa melakukannya dengan duduk di atas matras atau di atas lantai. Posisikan tubuh dengan duduk bersila dan letakkan kedua tangan tepat di atas paha. Lakukan gerakan seperti ini seperti Anda melakukan meditasi yoga. Buat jiwa dan pikiran setenang mungkin dengan mengatur napas. Hirup napas dalam-dalam, dan hembuskan secara perlahan. Lakukan latihan pernapasan ini secara rutin, agar anda bisa melakukannya dengan mudah pada saat proses persalinan.

2. Jongkok

Selain dengan posisi duduk, senam hamilini juga bisa dilakukan dalam posisi jongkok. Mulai dengan posisi tubuh tegak dan lurus, setelah itu jongkoklah secara perlahan namun pertahankan posisi punggung yang lurus. Tahan posisi ini selama beberapa menit. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih kekuatan otot paha dan panggul serta untuk merenggangkan otot.

3. Merangkak

Anda juga melakukan latihan dengan posisi seperti sedang merangkak. Setelah posisi tubuh sudah siap, kempiskan perut Anda dan kerutkan juga dubur Anda. Gerakan selanjutnya dalam posisi merangkak ini adalah gerakan mengejan. Tarik napas dengan mulut terbuka, lalu tiup napasnya namun dalam kondisi mulut tertutup. Bayangkan saja seperti ketika Anda sedang mengejan saat buang air besar. Lakukan gerakan tersebut kurang lebih 8 kali dalam satu sesi senam. Latihan ini dilakukan oleh para ibu hamil 9 bulan untuk mempersiapkan otot-otot bagian bawah tubuh supaya lebih lancar saat melahirkan.

4. Berjalan Kaki

Bukan hanya gerakan-gerakan senam saja yang bisa membantu ibu hamil untuk mempersiapkan proses persalinannya. Bagi wanita yang sedang hamil, sudah seharusnya sejak awal anda menyiapkan segala sesuatu untuk buah hati yang ada di dalam kandungan, termasuk menyiapkan diri Anda sendiri. Berjalan kaki merupakan salah satu cara menjaga kesehatan yang mudah dilakukan. Berjalan kaki setiap hari, terutama jika dilkakukan pagi hari. Tentu saja itu sangat baik untuk kesehatan anda dan janin dalam kandungan.

Nah, itulah beberapa gerakan senam yang aman dilakukan oleh ibu hamil. Selamat mencoa, semoga informasi yang kami berikan saat ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih banyak orang yang mengetahui informasi ini.


No comments:

Powered by Blogger.