Thursday, March 16, 2017

Menghilangkan Plak Atau Karang Gigi Secara Alami

Menghilangkan Plak Atau Karang Gigi Secara Alami

Menghilangkan Plak Atau Karang Gigi Secara Alami - Mempunyai gigi putih bersih dan terhindar dari plak adalah dambaan setiap orang. Gigi yang tampak sehat dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri untuk berkomunikasi.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mempermasalahkan karang gigi yang sulit hilang. Karang gigi dan plak adalah dua masalah pada gigi yang bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.


Karang gigi bisa menimbulkan berbagai masalah pada gigi dan mulut, seperti bau mulut yang tak sedap, gusi berdarah dan gigi berlubang. Karena, karang gigi juga tempat bakteri menempel pada gigi, sehingga menyebabkan hilangnya gigi selain gigi berlubang.

Tahukah Anda jika plak dan karang gigi juga bisa memicu risiko penyakit jantung? Tentu hal ini tidak diinginkan oleh setiap orang, maka berikut ini ada cara alami untuk membersihkan plak atau karang gigi, antara lain:
  • Sikat gigi minimal 2 kali sehari
Menggosok gigi 2 kali sehari, di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur bisa mencegah plak dan karang gigi. Selain itu, perlu untuk diperhatikan juga agar menyikat gigi dengan benar agar hasilnya optimal.

Menyikat gigi bagian atas ke bawah, dari kiri ke kanan. Jangan sampai terlewat membersihkan gusi dan sisa makanan yang nyangkut di sela-sela gigi setelah makan. Selain itu, berkumur menggunakan cairan pembersih mulut juga bisa menambah kebersihan gigi, sehingga gigi terlihat menjadi putih dan bersinar.
  • Batu Bata dan Arang
Sejak dulu, batu bata dan arang sudah digunakan oleh orang di pedesaan sebagai pengganti pasta gigi dan terbukti hasilnya sangat ampuh, yaitu gigi tampak putih. Caranya, lumatkan batu bata atau arang hingga menjadi bubuk, lalu gosokan pada gigi dengan menggunakan sikat gigi atau tangan. Setelah itu, kumur menggunakan air hingga bersih.
  • Buah Apel
Selain memperoleh nutrisi yang dikandungnya, mengonsumsi buah apel juga bisa membersihkan gigi dari plak dan karang gigi. Konsumsi lebih banyak apel agar gigi tetap putih dan bersih.
  • Biji Asam
Ternyata biji asam bisa membersihkan plak dan karang gigi. Caranya, siapkan biji asam kawak atau yang telah lama disimpan. Cuci hingga bersih, kemudian tiriskan hingga mengering. Setelah itu sangrai hingga matang, lalu tumbuk atau blender hingga halus. Setelah menjadi bubuk, pakai biji asam sebagai pengganti pasta gigi.
  • Cengkeh
Caranya, siapkan 7 buah cengkeh. Lalu, tumbuk atau blender sampai halus. Kemudian gunakan bubuk cengkeh tersebut sebagai pengganti pasta gigi. Selain bisa digunakan sebagai pengganti pasta gigi, bubuk cengkeh juga bisa digunakan untuk berkumur, setelh itu baru sikat gigi.

Nah, itulah beberapa cara alami menghilangkan plak dan karang gigi. Jadi, kebersihan gigi sangatlah penting untuk dijaga, minimal dengan menyikat gigi 2x sehari dan rajin memeriksa kebersihan gigi dari sisa makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Menghilangkan Plak Atau Karang Gigi Secara Alami

No comments:

Post a Comment